Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Penyelesaian Siswa Pada Soal Perbandingan Berbalik Nilai Di Kelas VIII F SMP Negeri 9 Palu
Nama: ISRANI SANDE
Tahun: 2020
Abstrak
Sande, Israni. 2020. Analisis Penyelesaian Siswa pada Soal Perbandingan Berbalik Nilai di Kelas VIII F SMP Negeri 9 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Anggraini dan Pembimbing (II) H. Mustamin Idris. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penyelesaian siswa pada soal perbandingan berbalik nilai di kelas VIII F SMP Negeri 9 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu tes dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang yaitu siswa C, siswa HD dan siswa YYA. Hasil penelitian berdasarkan penyelesaian siswa menunjukkan kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaiakan soal perbandingan berbalik nilai yang dikerjakan. Berdasarkan penyelesaian diperoleh kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural. Kesalahan konseptual meliputi: a) kesalahan fakta terdiri atas :1) siswa belum bisa menuliskan informasi yang terdapat pada soal, 2) siswa belum mampu memahami penggunaan tanda sama dengan dengan benar, 3) siswa belum mampu mengubah informasi yang terdapat pada soal ke dalam model matematika dan 4) siswa belum bisa menuliskan kesimpulan dengan benar. b) Kesalahan konsep terdiri atas: 1) siswa belum memahami konsep perbandingan berbalik nilai yaitu siswa mengerjakan soal perbandingan berbalik nilai dengan menggunakan prinsip perbandingan senilai, 2) siswa belum dapat mengoperasikan perbandingan berbalik nilai dan 3) siswa belum memahami konsep perkalian dan pembagian bilangan bulat dan bilangan desimal. Kesalahan prosedural terdiri atas: 1) siswa belum mampu mengerjakan soal dengan menggunakan prinsip perbandingan berbalik nilai, 2) siswa melakukan kesalahan mengoperasikan perkalian dan pembagian serta 3) siswa belum bisa menentukan hasil akhir dengan benar. Kata kunci: Analisis penyelesaian, kesalahan konseptual dan prosedural, perbandingan berbalik nilai.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up