Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII AHMAD YANI SMP NEGERI 14 PALU
Nama: DEWI NOVITA SARI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Dewi Novita Sari. 2019. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Pendekatan Saintifik (Scientific) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus di Kelas VIII Ahmad Yani SMPN 14 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Sukayasa (2) Baharuddin Paloloang. Masalah utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas VIII Ahmad Yani SMPN 14 Palu dalam menyelesaikan soal tentang persamaan garis lurus. Hal ini disebabkan karena siswa mudah lupa dengan materi yang baru saja diajarkan oleh guru. Selain itu, ketika diberikan soal yang bentuknya berbeda dengan contoh yang diberikan, siswa tidak dapat menyelesaikan soal tersebut dengan benar. Agar hasil belajar siswa dapat meningkat, maka peneliti menerapkan kooperatif tipe Jigsaw dengan pendekatan scientific. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan pendekatan scientific yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII Ahmad Yani SMPN 14 Palu pada materi persamaan garis lurus? Rancangan penelitian mengacu pada desain dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart, yang terdiri dari empat komponen, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi, hasil wawancara, dan hasil catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan kooperatif tipe Jigsaw dengan pendekatan Scientific hasil belajar siswa meningkat, dengan mengikuti fase-fase berikut: Fase (1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, pada fase ini guru menyampaikan tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa dalam belajar, (2) menyampaikan informasi, fase ini siswa mengamati penjelasan guru tentang mekanisme saat pembelajaran berlangsung serta menggali pengetahuan awal siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa, (3) mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok belajar, guru mengorganisasi siswa kedalam kelompok kelompok belajar yang terdiri dari siswa yang berkemampuan tinggi sedang dan rendah, (4) membimbing kelompok belajar, fase ini siswa mengamati kegiatan pada LPKD, menanya dan menalar fase ini siswa mengolah data untuk memperoleh kesimpulan, (5) evaluasi, fase ini siswa mengkomunikasikan, (6) pemberian penghargaan. Kata kunci: Model Pembelajaran, Saintifik, Jigsaw, Hasil Belajar, Persamaan Garis Lurus

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up