Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR DI KELAS XI MAN 1 PALU BERDASARKAN JENIS KELAMIN
Nama: ALFIRNA
Tahun: 2022
Abstrak
Alfirna, 2022. “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linear di Kelas XI MAN 1 Palu Berdasarkan Jenis Kelamin”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Baharuddin Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal program linear berdasarkan jenis kelamin. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA I MAN 1 Palu yang berjumlah 2 orang yaitu siswa laki-laki MR dan siswa perempuan JH. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tugas dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam menyelesaikan soal program linear kelas XI MIPA I MAN 1 Palu adalah 1) Siswa laki-laki melakukan kesalahan membaca (reading errors) yakni siswa tidak mampu mengenali dan menentukan kata yang penting dan informasi utama pada soal. Kesalahan memahami masalah (comprehension errors) yakni siswa tidak menuliskan apa saja yang diketahui dan ditanyakan pada soal. Kesalahan transformasi (transformation errors) yakni siswa tidak mengubah soal kedalam kalimat matematika dengan benar. Kesalahan keterampilan (process skills errors) yakni siswa tidak dapat melanjutkan jawaban sampai selesai. Kesalahan penulisan jawaban (enconding errors) yakni siswa tidak mampu mendapatkan jawaban akhir dari penyelesaian soal dengan benar dan siswa tidak menuliskan kesimpulan sesuai dengan kesimpulan yang dimaksud dari soal. 2) Siswa perempuan melakukan kesalahan membaca (reading errors) yakni siswa tidak mampu mengenali dan menentukan kata yang penting dan informasi utama pada soal. Kesalahan memahami masalah (comprehension errors) yakni siswa tidak menangkap informasi yang terkandung dalam pernyataan. Kesalahan transformasi (transformation errors) yakni siswa tidak mengetahui rumus atau strategi/prosedur yang digunakan dalam menyelesaikan soal. Kesalahan keterampilan (process skills errors) yakni siswa salah dalam melakukan proses perhitungan dalam mengoperasikan bilangan, tidak menggambarkan grafik dan tidak dapat melanjutkan jawaban sampai selesai. Kesalahan penulisan jawaban (enconding errors) yakni siswa tidak mampu mendapatkan jawaban akhir dari penyelesaian soal dengan benar dan siswa tidak menuliskan kesimpulan sesuai dengan kesimpulan yang dimaksud dari soal. Kata Kunci: Analisis Kesalahan; Program Linear; Jenis Kelamin

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up