Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 PALU DALAM PENGAJUAN MASALAH SEGITIGA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA
Nama: EKO WAHYU RACHMANSYAH
Tahun: 2022
Abstrak
Tujuan Penelitian ini untuk memperoleh deskripsi tentang berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Palu dalam pengajuan masalah segitiga ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Tiga subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Palu yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian berpikir kreatif melalui problem posing menunjukkan bahwa: (1)Subjek dengan kemampuan matematika tinggi, pada kategori kelancaran subjek mampu mengajukan tujuh soal dengan empat konsep yang berbeda, pada kategori fleksibilitas mampu mengajukan empat soal dengan alternatif penyelesaian, sedangkan pada kategori kebaruan mampu membuat soal baru dengan menambah suatu informasi baru ke dalam informasi yang telah ada sebelumnya. (2) Subjek dengan kemampuan matematika sedang, pada kategori kelancaran mampu mengajukan empat soal dengan tiga konsep berbeda, pada kategori fleksibilitas mampu mengajukan empat soal tetapi hanya mampu diselesaikan dengan satu cara penyelesaian, sedangkan pada kategori kebaruan belum mampu mengajukan soal yang bersifat baru. (3)Subjek dengan kamampuan matematika rendah, pada kategori kelancaran mampu mengajukan dua soal dengan dua konsep berbeda beserta jawabannya, pada kategori fleksibilitas mampu mengajukan dua soal tetapi hanya mampu menyelesaikan dengan satu cara penyelesaian, sedangkan pada kategori kabaruan juga belum mampu mengajukan soal yang bersifat baru. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Problem Posing, Kemampuan Matematika

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up