Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KESALAHAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA KELAS XII IPA 4 MAN 1 PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL LIMIT FUNGSI ALJABAR
Nama: SUSANTI
Tahun: 2020
Abstrak
Susanti. 2015. Analisis Kesalahan konseptual dan prosedural Siswa kelas XII IPA 4 MAN 1 Palu dalam menyelesaikan soal limit fungsi aljabar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing pertama Dasa Ismaimuza, Pembimbing kedua Evie Awuy. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif yang bertujuan untuk memperoleh deskripsi dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas XII IPA 4 MAN 1 Palu dalam menyelesaikan soal pada materi limit fungsi aljabar.Data dikumpulkandenganmetodetesdanwawancara. Subjekpenelitianterdiridari 3 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan dan penyebab kesalahan konseptual dan prosedural siswa yaitu: kesalahan konseptual dan penyebab yang dilakukan oleh siswa yaitu: (1) tidak melanjutkan jawaban karena siswa tidak dapat menghubungkan antara dua konsep yaitu konsep limit tentu dan limit tak tentu. (2) tidak menuliskan simbol karena siswa tidak mengetauhi peletakan dari simbol limit. (3) menentukan akar sekawan siswa salah memahami konsep perkalian akar sekawan,namun beranggapan bahwa akar sekawan adalah akar yang sama. (4) mengoprasikan pembagian bentuk aljabar siswa beranggapan bahwa yang sudah dicoret sudah habis dan yang tersisah hanya yang tidak dicoret. (5) tidak melanjutkan jawabannya karena siswa masih bingung dalam mengalikan bentuk akar dan tidak memahami konsep perkalian bentuk akar. (6)mengoperasikan pembagian bentuk aljabar siswa mengalami kesalahan pemahaman tentang konsep pembagian bentuk aljabar, langsung mencoret habis yang menghasilkan 0 langsung mengambil yang tidak habis sebagai hasil jawaban akhirnya. (7) tidak memahami konsep limit tak hingga. (8) tidak memahami konsep limit kiri dan limit kanan, mengira penyelesaian no 4 menggunakan cara limit biasa yang langsung mensubtitusi nilai limitnya. Kesalahan prosedural dan penyebab yang dilakukan oleh siswa yaitu: (1) memfaktorkan bentuk aljabar fungsi kuadrat siswa kurang teliti dalam perhitungan perkalian pemfaktoran bentuk aljabar fumgsi kuadrat. (2) mengoprasikan perkalian bentuk akar kareana siswa kurang teliti dalam proses penyelesaian perkalian bentuk akar. Kata kunci : Analisis Kesalahan, kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, menyelesaikan soal, limit fungsi aljabar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up