Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO
Nama: SITI SOLEHA
Tahun: 2019
Abstrak
Siti Soleha, 2019 Profil Kemampuan Problem Solving siswa kelas VII SMP Negeri 14 Palu dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial berdasarkan Taksonomi SOLO. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Abdul Hamid dan Pembimbing (II) Dasa Ismaimuza. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi atau gambaran mengenai kemampuan problem solving siswa kelas VII SMP Negeri 14 Palu dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial berdasarkan Taksonomi SOLO. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII Sutoyo SMP Negeri 14 Palu yaitu siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Data dikumpulkan dengan metode tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Subjek berkemampuan matematika tinggi yaitu NF dapat melewati level prastruktural, unistruktural, multistruktural, dan relasional. Subjek dapat memahami masalah yang ditanyakan dan dapat menggunakan beberapa informasi yang telah ia ketahui yang kemudian ia aplikasikan ke rumus yang sesuai untuk mendapatkan jawaban sementar. Jawaban sementara itu kemudian ia kembangkan sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan untuk memperoleh jawaban yang relavan dan tepat. Subjek NF memenuhi indikator level abstrak yang diperluas dan telah melewati level-level sebelumnya sehingga subjek NF berada pada level abstrak yang diperluas. Subjek berkemampuan matematika sedang yaitu MB dapat melewati level prastruktural, unistruktural dan multistruktural. Subjek dapat memehemi masalah dan mampu memadukan penggalan-penggalan informasi yang terpisah secara relevan. Namun subjek MB belum mampu membuat hipotesis untuk meyelesaikan soal abstrak yang diperluas, oleh karena itu subjek MB hanya mampu mencapai level relasional. Subjek berkemampuan matematika rendah yaitu KB dapat melewati level prastruktural, subjek hanya memiliki sedikit informasi yang dapat ia gunakan untuk menyelesaikan soal, subjek hanya dapat menggunakan satu informasi yang tedapat dalam soal untuk menyelesaikan permasalahan, sehingga subjek KB hanya bisa mencapai level unistruktural. Kata Kunci : Profil, Kemampuam Problem Solving, Aritmatika Sosial, Taksonomi SOLO

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up