JudulPENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII A SMP NEGERI 1 TINOMBO |
Nama: PERTIWI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai di kelas VII A SMP Negeri 1 Tinombo dengan mengunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII A yang berjumlah 21 peserta didik yang terdaftar pada semester ganjil Tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif. Rancangan penelitian mengacu pada model penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc.Tanggart (Arikunto, 2006) yang terdiri dari empat komponen yang berlangsung dalam siklus berulang meliputi (1) perencenaan, (2) Pelaksanan Tindakan, (3) Observasi, dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini melalui lembar observasi,wawancara, catatan lapangandan data hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan setelah di tempuh beberapa langkah pembelajaran yaitu memahami masalah kontekstual, menyelesaikanmasalah kontekstual, membandingkan dan mendiskusikan, jawaban serta menyimpulkan. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada indikator keberhasilan tindakan telah tercapai di siklus I dan siklus II. Selain itu, data hasil observasi aktivitas guru dalam mengelolah pembelajaran dan data hasil observasi aktivitas peserta didik dalam mengikuti pembelajaran yang terlihat dalam lembar observasi meningkat sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan PMR dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi perbandingan di kelas VII A SMP Negeri 1 Tinombo. Kata kunci: pembelajaran matematika realistik, hasil belajar, perbandingan. |