JudulANALISIS MISKONSEPSI SISWA KELAS X SMAN MTM PALU PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN RASIONAL DAN IRRASIONAL SATU VARIABEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) |
Nama: MOH.ROFI'U |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Rofi’u, 2019. Analisis miskonsepsi siswa kelas X SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu pada materi persamaan dan pertidaksamaan rasional dan irrasional satu variabel dengan menggunakan metode Certainty of Response Index (CRI). Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing (I) Marinus Barra Tandiayuk (II) I Nyoman Murdiana. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi terkait tentang miskonsepsi siswa pada konsep Persamaan dan Pertidaksamaan Rasional dan Irrasional satu Variabel . Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 54 siswa. Miskonsepsi ini akan diidentifikasi dengan menggunakan tes diagnostik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Certainty of Response Index (CRI). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh siswa yang mengalami miskonsepsi dengan persentase 34,19%, Paham konsep 38,41?n yang Tidak paham konsep 27,62%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab miskonsepsi pada siswa berasal dari pemahaman siswa. Kata kunci: Analisis, Certainty of Response Index, miskonsepsi, persamaan dan pertidaksamaan rasional dan irrasional satu variabel. |