JudulPROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI FUNGSI DI SMA AL-KHAIRAAT KOLONO KELAS XII BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA |
Nama: RISKI ANAN TAMA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi proses berpikir siswa SMA Al-Khairaat Kolono Kelas XII dalam menyelesaikan soal matematika pada materi fungsi. Data dikumpulkan dengan metode tes dan wawancara. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 siswa, yaitu: (1) siswa kemampuan tinggi, (2) siswa kemampuan sedang, (3) siswa kemampuan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis proses berpikir siswa yaitu : (1) Proses berpikir subjek TG dalam menyelesaikan soal matematika materi fungsi, yakni memiliki jenis proses berpikir konseptual, dimana subjek TG mengetahui materi dari soal, mengetahui apa yang ditanyakan pada soal, dan menyelesaikan soal sesuai dengan konsep yang dipelajarinya. Kemudian subjek TG mengalami proses asimilasi. (2) Proses berpikir subjek SD dalam menyelesaikan soal matematika materi fungsi, yakni memiliki jenis proses berpikir semi-konseptual, dimana subjek SD menyelesaikan soal dengan menggunakan intuisinya. Kemudian subjek SD mengalami proses asimilasi. (3). Proses berpikir subjek RN dalam menyelesaikan soal matematika materi fungsi, yakni memiliki jenis proses berpikir komputasional, dimana subjek SD tidak mengetahui bentuk soal yang diberikan dan tidak memahami soal. Kemudian subjek RN mengalami proses asimilasi dan akomodasi. |