Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 7 PALU PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI
Nama: IIN ANGGRIANI
Tahun: 2023
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fungsi komposisi di kelas X IPA 1 SMA Negeri 7 Palu. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fungsi komposisi di kelas X IPA 1 SMA Negeri 7 Palu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data hasil aktivitas guru dan siswa selama pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi, data hasil wawancara dengan beberapa siswa yang dijadikan sebagai informan, data hasil catatan lapangan dan data hasil tes akhir tindakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dan diterapkan pada siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 7 Palu yang terdiri dari 14 laki-laki dan 18 perempuan. Hasil belajar siklus I ketuntasan belajar klasikal sebesar 58,8?n siklus II yaitu 82,3%. Hal ini menunjukkan bahwa jika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi fungsi komposisi maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 7 Palu yaitu dengan mengikuti fase-fase berikut: (1) penyampaian tujuan dan memotivasi siswa, (2) penyajian informasi, (3) pengorganisasian kelompok belajar dan penomoran, (4) pengajuan pertanyaan, (5) berpikir bersama, (6) pemberian jawaban, (7) pemberian penghargaan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up