JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMP IT QURROTA A’YUN PALU |
Nama: FIRMA HANDAYANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Firma Handayani, 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan Prisma dan Limas di Kelas VIII SMP IT Qurrota A’yun Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Muh. Rizal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan prisma dan limas di kelas VIII SMP IT Qurrota A’yun Palu. Penelitan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc.Taggart (Arikunto, 2007:16) yakni (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, wawancara, catatan lapangan dan tes hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIC SMP IT Qurrota A’yun Palu yang terdaftar pada tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 23 siswa dan dipilih 3 siswa sebagai informan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan prisma dan limas di kelas VIIIC SMP IT Qurrota A’yun Palu, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan prisma dan limas di kelas VIII SMP IT Qurrota A’yun Palu, dengan fase-fase sebagai berikut: (1) menyampaikan tujuan pembelajaran dan mempersiapkan peserta didik, (2) menyajikan informasi, (3) mengorganisir peserta didik kedalam tim-tim belajar, (4) membantu kerja tim dan belajar dengan tahap think-talk-write, (5) mengevaluasi, (6) memberikan pengakuan atau penghargaan. Hal ini ditunjukan oleh data yang diperoleh telah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan, terlihat dari data hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 78,3?n data hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus II keduanya berada pada kategori sangat baik. Kata kunci : Model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write, Hasil Beajar, Luas Permukaan Prisma dan Limas. |