JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA DI KELAS VII D SMP NEGERI 1 BALINGGI |
Nama: TIA KUSUMA DEWI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Tia Kusuma Dewi. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keliling dan Luas Segitiga di Kelas VII D SMP Negeri 1 Balinggi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) H. Sudarman (II) Abd. Hamid. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas segitiga di kelas VII D SMP Negeri 1 Balinggi Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran denganmodelpembelajaranpenemuan terbimbingdapatmeningkatanhasilbelajarsiswakelasVII DSMPNegeri 1 Balinggipada materi keliling dan luas segitiga, melalui tahap sebagai berikut: 1) Perumusan masalah, pada tahap ini peneliti memberikan informasi pokok materi dan penjelasan tentang hal-hal yang akan dipelajari, membagikan LKPD kepada setiap kelompok, dan mengarahkan siswa untuk melakukan pengamatan dan meru,muskan masalah dalam LKPD, 2) Pemrosesan data, pada tahap ini peneliti menuntun siswa dalam memproses hasil pengamatan dan membimbing seperlunya jika siswa mengalami kesulitan, 3) Penyusunan konjektur, pada tahap ini peneliti mengamati siswa menyusun konjektur dan menarik kesimpulan dan memberikan bimbingan seperlunya jika siswa engalami kesulitan dalam menyusun konjektur, 4) Pemeriksaan konjektur, pada tahap peneliti memeriksa hail konjektur siswa dan memberikan penjelasan jika terdapat kekeliruan, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyusun kembali konjektur yang benar, 5)Verbalisasi konjektur, pada tahap ini perwakilan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya didepan kelas, peneliti memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi jawaban yang telah dipresentasikan dan membimbing siswa membuat kesimpulan, 6)Umpan balik, pada tahap ini semua siswa membuat mengerjakan soal latihan I secara individu kemudian dibahas oleh peneliti. Kata kunci: Penemuan Terbimbing; Hasil Belajar; Keliling dan Luas Segitiga. |