JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI MODEL TERPADU MADANI PALU DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIS |
Nama: NI WAYAN SUARNITI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Ni Wayan Suarniti. 2020. Profil Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu Ditinjau dari Kemampuan Matematis. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Maxinus Jaeng, Pembimbing (II) Anggraini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah aritmatika sosial siswa kelas VIII SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu yang memiliki kemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa profil pemecahan masalah aritmatika sosial siswa dengan kemampuan matematis tinggi tahap memahami masalah siswa menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan; menjelaskan rencana pemecahan masalah secara runtut; melaksanakan rencana pemecahan masalah dengan strategi sesuai apa yang telah direncanakan dan menyelesaikan masalah dengan tepat; memeriksa kembali hasil pemecahan masalah dengan melakukan perhitungan kembali mencari harga beli kemudian membandingkan dengan harga beli yang telah diketahui dari soal. Profil pemecahan masalah aritmatika sosial siswa dengan kemampuan matematis sedang tahap memahami masalah siswa menuliskan yang diketahui dan ditanyakan; menjelaskan rencana pemecahan masalah secara runtut; melaksanakan rencana pemecahan masalah dengan strategi sesuai dengan yang telah direncanakan dan menyelesaikan masalah dengan tepat; tidak melakukan pemeriksaan kembali hasil pemecahan masalahnya. Profil pemecahan masalah aritmatika sosial siswa dengan kemampuan matematis rendah tahap memahami masalah siswa menuliskan yang diketahui dan ditanyakan; menjelaskan rencana pemecahan masalah tetapi kurang tepat dalam menyusun rencana; melaksanakan rencana pemecahan masalah dengan strategi pemecahan masalah sesuai dengan yang direncanakan tetapi kurang tepat dalam menyelesaikan masalah; tidak melakukan pemeriksaan kembali. Kata Kunci: Profil Pemecahan Masalah, Masalah Aritmatika Sosial, Langkah Pemecahan Masalah Polya, Kemampuan Matematis |