Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Eksponen Di Kelas X MIA 1 SMA Negeri 10 Sigi.
Nama: FRISKA NUR
Tahun: 2021
Abstrak
Friska Nur. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Persamaan Eksponen di Kelas X MIA 1 SMA Negeri 10 Sigi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Nurhayadi (II) Dasa Ismaimuza. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Persamaan Eksponen kelas X MIA 1 SMA Negeri 10 Sigi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan, dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan dan observasi dan (3) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 10 Sigi. Hal ini ditunjukan dari ketuntasan individu siswa pada siklus I sebanyak 15 dari 26 orang yang mengikuti tes meningkat menjadi 19 dari 24 orang yang mengikuti tes pada siklus II, sehingga indikator keberhasilan yang ditetapkan telah tercapai dan telah mencapai standar KKM yang telah ditetapkan di SMA Negeri 10 Sigi yaitu 75. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada materi Persamaan Eksponen mengalami peningkatan sesuai dengan indikator keberhasilan tindakan. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe TPS; hasil belajar; Persamaan Esponen.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up