JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 5 SOJOL PADA OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR |
Nama: RISPA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Rispa., 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 5 Sojol pada Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nurhayadi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII B SMP Negeri 5 Sojol. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Sojol yang berjumlah 29 orang siswa yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes tertulis, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi penjumlahan dan pengurangan serta perkalian bentuk aljabar di kelas VII B SMP Negeri 5 Sojol dengan tahapannya yaitu: 1) Think, 2) Talk dan 3) Write. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes akhir tindakan siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar klasikal mencapai 53,84?n hasil tes akhir tindakan siklus II menunjukkan bahwa ketuntasan belajar klasikal mencapai 80,76%. Skor total pada aktivitas guru pada siklus I sebesar 32 meningkat pada siklus II menjadi 42. Skor total aktivitas siswa pada siklus I sebesar 32 meningkat pada siklus II menjadi 43. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Think Talk Write, Meningkatkan, Hasil Belajar, Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar, Operasi Perkalian Bentuk Aljabar. |