JudulANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS XI MIA 1 SMA NEGERI 1 SOJOL DALAM MENYELESAIKAN SOAL FUNGSI KUADRAT |
Nama: HASRIADI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Hasriadi. 2022. Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Sojol dalam menyelesaikan Soal Fungsi Kuadrat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Muh Hasbi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi kesalahan yang dilakukan siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Sojol dalam menyelesaikan soal Fungsi Kuadrat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan kesalahan siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Sojol dalam menyelesaikan soal fungsi kuadrat. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Sojol yang terdiri dari dua siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tugas dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa menurut metode analisis Tahapan Kastolan terdapat tiga jenis kesalahan yaitu (1) kesalahan Konseptual yang dilakukan siswa berupa siswa tidak dapat menggunakan aturan dengan benar dalam menentukan atau menuliskan titik potong grafik dengan sumbu y di mana menulisakan jawaban y=(0,-12) yang harusnya ditulis adalah titik potong terhadap sumbu y adalah (0,-12), (2) kesalahan prosedural yang dilakukan siswa berupa siswa tersebut salah dalam menuliskan koordinat titik potong dengan sumbu-sumbu x di mana menuliskan hasil akhir (-6,6) dan (2,0) yang seharusnya menuliskan jawaban (-6,0) dan (2,0) dan menuliskan jawaban (-6,2) yang harusnya menuliskan jawaban (-6,0) dan (2,0) serta siswa tersebut tidak dapat menyelesaikan soal, (3) kesalahan teknik yang dilakukan berupa salah dalam melakukan operasi hitung dalam menentukan titik puncak . Kata Kunci : anaisis kesalahan; kesalahan tahapan kastolan; fungsi kuadrat. |