Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL BERPIKIR LOGIS SISWA KELAS XII SMA NEGERI 5 PALU DALAM MEMECAHKAN MASALAH JARAK DIMENSI TIGA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA
Nama: NUR AMANAH
Tahun: 2023
Abstrak
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi atau gambaran mengenai berpikir logis siswa kelas XII SMA Negeri 5 Palu dalam memecahkan masalah jarak dimensi tiga ditinjau dari kemampuan matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek berkemampuan matematika tinggi memenuhi seluruh kriteria karakteristik berpikir logis, subjek memiliki keruntutan berpikir yang baik ia menyebutkan dan menuliskan informasi dari apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal dengan tepat, serta mampu menghubungkan informasi tersebut dengan pengetahuan yang telah ia miliki dan menemukan pola penyelesaian masalah, serta dapat memberikan argumen dan alasan yang logis mengenai tahapan pemecahan yang digunakan dan dapat memberikan kesimpulan dengan tepat. Subjek berkemampuan matematika sedang juga memenuhi seluruh kriteria karakteristik berpikir logis, subjek memiliki keruntutan berpikir yang baik ia menyebutkan dan menuliskan informasi dari apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal dengan tepat, serta mampu menghubungkan informasi tersebut dengan pengetahuan yang telah ia miliki dan menemukan pola penyelesaian masalah, serta dapat memberikan argumen dan alasan yang logis mengenai tahapan pemecahan yang digunakan dan dapat memberikan kesimpulan dengan tepat. Subjek berkemampuan matematika rendah tidak memenuhi seluruh kriteria berpikir logis, pada karakteristik keruntutan berpikir subjek hanya dapat menyebutkan informasi dari apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal dan subjek tidak dapat mengungkapkan tahapan pemecahan yang digunakan dalam pemecahan masalah, serta tidak dapat memberikan penarikan kesimpulan. Kata Kunci: Berpikir Logis, Pemecahan Masalah, Jarak Dimensi Tiga, Kemampuan Matematika

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up