JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 13 PALU PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS |
Nama: LAILA ISNANIYAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 13 Palu pada materi persamaan garis lurus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan desainnya menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII E SMP Negeri 13 Palu. Jumlah subjek penelitian ini adalah 30 siswa dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), hasil belajar siswa meningkat, dengan mengikuti fase-fase model Problem Based Learning sebagai berikut: (1) orientasi siswa pada masalah , (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar , (3) membantu penyelidikan individual maupun kelompok, (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Berdasarkan data hasil belajar pada siklus I terlihat bahwa ketuntasan belajar klasikal mencapai 30%, pada siklus II dengan ketuntasan belajar klasikal yang dicapai sebesar 76,6%. Selanjutnya untuk hasil observasi siklus I terhadap pengamatan aktivitas guru memperoleh skor 30 yaitu termasuk berkategori baik berdasarkan interval yang dibuat sebelumnya dan pengamatan aktivitas siswa memperoleh skor 26 yaitu termasuk dalam kategori kurang berdasarkan interval yang dibuat sebelumnya. Kemudian untuk hasil observasi pada siklus II terhadap pengamatan aktivitas guru memperoleh skor 38 yaitu termasuk dalam kategori sangat baik dan terhadap pengamatan aktivitas siswa memperoleh skor 35 yaitu termasuk dalam kategori baik berdasarkan interval yang dibuat sebelumnya. |