JudulAnalisis Pemahaman Konsep Lingkaran Siswa SMP Al-Azhar Mandiri Kelas VIII F Menggunakan Peta Konsep |
Nama: PATRICK T C SUMAMPOU |
Tahun: 2023 |
Abstrak Patrick Torence Cesario Sumampou, 2022. Analisis Pemahaman Konsep Lingkaran Siswa SMP Al-Azhar Mandiri Kelas VIII F Menggunakan Peta Konsep. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing 1: Muh. Rizal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep antara siswa berkemampuan rendah, sedang dan tinggi menggunakan peta konsep pada materi lingkaran di SMP Al- Azhar Mandiri Palu. Data dikumpulkan dengan cara metode tes dan wawancara dan subjek ditentukan berdasarkan nilai ujian harian materi lingkaran yang diujikan oleh guru matapelajaran. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 Siswa berdasarkan hasil ulangan harian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep setiap Siswa mulai dari berkemampuan rendah, sedang dan tinggi terdapat perbedaan dalam hal menyelesaikan setiap soal yang diberikan: (1) Siswa berkemampuan rendah menjawab dengan langkah yang sangat lengkap tanpa menghapus langkah-langkah penyelesaian (2) Siswa berkemampuan sedang menjawab dengan langkah-langkah yang cukup singkat dengan menghilangkan beberapa langkah dalam proses penyelesaian. (3) Siswa berkemampuan tinggi menjawab dengan sangat singkat tanpa menuliskan proses mendapatkan jawaban pada permasalahkan. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Peta Konsep, Lingkaran |