JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 PARIGI TENGAH PADA MATERI PERBANDINGAN |
Nama: RIFKA SAPUTRI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Rifka Saputri, 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Parigi Tengah pada Materi Perbandingan. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Tadulako. Pembimbing Baharuddin Paloloang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Parigi Tengah pada Materi Perbandingan. Penelitan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc.Taggart (Arikunto, 2007:16) yakni (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini melalui lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, dan data hasil belajar peserta didik. Subjek yang dipilih pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 1 Parigi Tengah yang berjumlah 24 siswa dan dipilih 3 siswa sebagai informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi perbandingan dikelas VII SMPN 1 Parigi Tengah dengan mengikuti tahap-tahap pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write yaitu: (1) Think, pada tahap ini siswa membaca dan mengamati masalah pada LKPD yang diberikan oleh guru sehingga membantu siswa untuk dapat memikirkan kemungkinan jawaban (strategi penyelesaian) kemudian menuliskannnya dalam sebuah catatan kecil mengenai apa yang telah diketahui dari hasil bacaannya. (2) Talk, pada tahap ini siswa berdiskusi dengan teman kelompoknya mengenai hasil catatan kecil yang telah dibuatnya. (3) Write, siswa menuliskan hasil diskusi pada lembar kerja yang telah disediakan (LKPD). Peningkatan hasil belajar siswa telah memenuhi indikator keberhasilan tindakan penelitian pada siklus I dan siklus II, diperoleh dari tes akhir tindakan siklus I dan siklus II serta wawancara pada informan. Selain itu, data hasil observasi aktifitas guru dalam mengelolah pembelajaran dan aktifitas siswa dalam mengikuti pembelajaran yang dapat dilihat dari lembar hasil observasi meningkat menjadi sangat baik. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran koopearatif tipe TTW (Think Talk Write) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Parigi Tengah pada materi Perbandingan. Kata kunci : Model Pembelajaran, kooperatif, Think Talk Write, perbandingan. Rifka Saputri, 2022. Application of Cooperative Learning Model Type Think Talk Write to Improve the Learning Outcomes of Class VII Students of SMPN 1 Parigi Tengah on Comparative Materials. Mathematics Education Study Program, Department of Mathematics and Natural Sciences Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Supervisor Baharuddin Paloloang The purpose of this study was to obtain a description of the application of the think talk write type of cooperative learning model to improve the learning outcomes of class VII students of SMPN 1 Parigi Tengah on Comparative Materials. This research is Classroom Action Research (CAR) which refers to the research design of Kemmis and Mc.Taggart (Arikunto, 2007:16) namely (1) planning, (2) action, (3) observation, and (4) reflection. Data collected in this study through observation sheets, interviews, field notes, and data on student learning outcomes. The subjects selected in this study were class VII students of SMPN 1 Parigi Tengah, totaling 24 students and 3 students were selected as informants. The results showed that there was an increase in student learning outcomes in comparative material in class VII SMPN 1 Parigi Tengah by following the stages of cooperative learning of the Think Talk Write type, namely: (1) Think, at this stage students read and observe the problem on the LKPD given by the teacher so that it helps students to be able to think about possible answers (completion strategies) then write them down in a small note about what has been known from the results of their reading. (2) Talk, at this stage students discuss with their group friends about the results of the small notes they have made. (3) Write, students write down the results of the discussion on the worksheet provided (LKPD). The increase in student learning outcomes has met the indicators of the success of research actions in cycle I and cycle II, obtained from the final test of the action in cycle I and cycle II as well as interviews with informants. In addition, the data from observations of teacher activities in managing learning and student activities in participating in learning which can be seen from the observation sheet increased to very good. Based on the research data, it can be concluded that the application of the TTW (Think Talk Write) type of cooperative learning model can improve the learning outcomes of seventh grade students of SMPN 1 Parigi Tengah on Comparative material. Keywords: Learning Model, cooperative, Think Talk Write, comparison. |