Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP ALKHAIRAAT 1 PALU DALAM PEMECAHAN MASALAH LUAS PERSEGI PANJANG DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA
Nama: YUYU INDRIAWATI
Tahun: 2019
Abstrak
Yuyu Indriawati. 2019. Profil Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Alkhairaat 1 Palu dalam Pemecahan Masalah tentang Luas Bentuk Persegi Panjang, ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing pertama Sutji Rochaminah, Pembimbing kedua M. Nur Yadil. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Alkhairaat 1 Palu dalam pemecahan masalah luas persegi panjang ditinjau dari tingkat kemampuan matematika. Data hasil penelitian ini diperoleh dari siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Hasil Penelitian kualitatif menunjukkan bahwa: 1) Profil berpikir kritis subjek tinggi dalam pemecahan masalah luas persegi panjang, baik secara lisan maupun tulisan menyebutkan informasi yang dipahami dan ditanyakan dalam soal. Dalam menjawab soal yang diberikan, subjek memberi alasan dengan tepat dan menyimpulkannya berdasarkan langkah-langkah penyelesaian masalah. Selanjutnya, subjek menunjukkan semua informasi dari setiap permasalahan dan menjelaskan masing-masing istilah dalam soal. Akhirnya, subjek tingkat tinggi dapat memeriksa kembali dengan membaca ulang jawaban masalah yang telah dikerjakannya. Kemampuan berpikir kritis subjek tinggi dalam memecahkan masalah mencakup kriteria focus, reason, inference, situation, clarity, dan overview; 2) Profil berpikir kritis subjek tingkat sedang dalam memecahkan masalah luas persegi panjang, baik secara lisan maupun tulisan menyebutkan informasi yang diketahui dan ditanyakan dalam soal dengan tepat. Dalam menyelesaikan soal, subjek memberikan alasan yang tepat, namun dalam menyimpulkan solusi berdasarkan langkah-langkah penyelesaian masalah tidak tepat. Kemudian, subjek menggunakan semua informasi yang sesuai dengan permasalahan untuk menjawab soal yang diberikan. Selanjutnya setiap istilah-istilah dalam soal, subjek dalam menjelaskannya cenderung mengadopsi dari soal. Subjek sedang dapat memeriksa kembali setelah mengerjakan soal. Kemampuan berpikir kritis subjek sedang dalam memecahkan masalah mencakup kriteria focus, reason, situation, clarity, dan overview; 3) Profil berpikir kritis tingkat rendah dalam pemecahan masalah luas persegi panjang, menyebutkan informasi yang diketahui dan ditanyakan dari soal serta mampu menuliskannya pada lembar jawaban dengan tepat. Dalam menyelesaikan masalah tidak memberikan alasan dan tidak menyimpulkannya berdasarkan langkah-langkah penyelesaian masalah, karena subjek tidak menemukan strategi penyelesaian yang tepat. Subjek tidak menunjukkan semua informasi yang sesuai dengan permasalahan untuk menjawab pertanyaan dalam soal. Kemudian subjek dalam menjelaskan istilah-istilah yang terdapat dalam soal cenderung mengadopsi soal dan masih ragu-ragu. Selanjutnya subjek tingkat rendah tidak mengecek kembali apa yang telah dikerjakannya. Kemampuan berpikir kritis subjek rendah dalam memecahkan masalah mencakup kriteria focus dan clarity. Kata kunci: Profil, Berpikir Kritis, Kemampuan Matematika, Luas Persegi Panjang FRISCO

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up