Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DI KELAS X MIA MA ALKHAIRAAT PUSAT PALU BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA
Nama: Fathurrahmah
Tahun: 2019
Abstrak
Fathurrahmah Abd. Gani. 2019. Profil Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Fungsi Komposisi Di Kelas X MIA MA Alkhairaat Pusat Palu Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dasa Ismaimuza (II) Sudarman. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil pemahaman konsep siswa kelas X MIA berdasarkan tingkat kemampuan matematika. Penelitian dilaksanakan di MA Alkhairaat Pusat Palu menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari satu siswa berkemampuan tinggi, satu siswa berkemampuan sedang dan satu siswa berkemampuan rendah. Hasil penelitian ini yaitu saat mengklasifikasi ciri-ciri fungsi komposisi, siswa berkemampuan tinggi mengklasifikasi ciri-ciri yaitu ada fungsi dan operasi komposisi. Kemudian mengidentifikasi sifat, operasi atau konsep, siswa berkemampuan tinggi menggunakan sifat assosiatif, distributif, operasi komposisi dan operasi hitung aljabar. Selanjutnya dalam menerapkan konsep, siswa menerapkan konsep dan sifat-sifat yang digunakan untuk menyelesaikan masalah fungsi komposisi. Selain hal tersebut, siswa berkemampuan tinggi dalam memberi contoh dan bukan contoh dari fungsi komposisi yaitu siswa menjelaskan contoh yaitu ada operasi komposisi dan bukan contoh yaitu tidak terdapat operasi komposisi. Kemudian dalam menyajikan masalah siswa berkemampuan tinggi menyajikan dalam bentuk model matematika. Pemahaman konsep subjek berkemampuan sedang dalam mengklasifikasi ciri-ciri fungsi komposisi yaitu beberapa fungsi yang dihubungkan dengan operasi komposisi.Kemudian dalam mengidentifikasi sifat, operasi atau konsep, siswa berkemampuan sedang mengidentifikasi sifat distributif, operasi komposisi dan hitung aljabar.Selanjutnya dalam menerapkan konsep, siswa berkemampuan sedang menjelaskan sifat-sifat dan operasi-operasi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah fungsi komposisi. Kemudian dalam memberi contoh dan bukan contoh fungsi komposisi, siswa berkemampuan sedang memberi contoh yaitu terdapat operasi komposisi dan bukan yaitu tidak ada operasi komposisi. Selanjutnya dalam menyajikan masalah, siswa berkemampuan sedang menyajikan masalah dalam bentuk model matematika. Pemahaman konsep siswa berkemampuan rendah dalam mengklasifikasi ciri-ciri fungsi komposisi yaitu ada operasi komposisi. Selain itu, siswa berkemampuan rendah dalam memberi contoh dan bukan contoh fungsi komposisi, yaitu contoh fungsi komposisi terdapat operasi komposisi dan bukan contoh yaitu tidak terdapat operasi komposisi. Kata Kunci: Profil; Pemahaman konsep; Fungsi komposisi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up