JudulANALISIS MISKONSEPSI SISWA KELAS VIII SMP GKST IMANUEL PALU BERDASARKAN CERTAINLY RESPONSE INDEX (CRI) TERHADAP SOAL-SOAL MATEMATIKA |
Nama: MARTDELENE A. RORING |
Tahun: 2024 |
Abstrak Martdelene Angelia Roring. 2019. Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas VIII SMP GKST Imanuel Palu terhadap Soal-Soal Matematika Berdasarkan Certainty Of Respon Index (CRI). Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Bakri M. dan Pembimbing (II) Gandung Sugita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi dan penyebab miskonsepsi siswa kelas VIII SMP GKST Imanuel Palu terhadap soal-soal matematika pada materi Pythagoras dan lingkaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi metode, yaitu membandingkan hasil tes dan wawancara. Analisis data terdiri dari 3 fase yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, terjadi miskonsepsi pada siswa yang meliputi: pada materi pythagoras : (1) Adanya konsep yang salah dalam merencanakan penyelesaian rmasalah yang menyebabkan siswa tidak mampu menggunakan kebalikan konsep pythagoras (2) Siswa mengeneralisasikan penggunaan konsep yang terlihat sama namun berbeda dalam pemaknaan dan penggunaannya. Pada materi lingkaran : (1). Pengimplementasian rumus luas lingkaran yang salah (2). Kesalahpahaman terhadap konsep-konsep pada rumus luas lingkaran, (3). Ketidakpahaman dalam menghubungkan konsep-konsep pada soal. Miskonsepsi-miskonsepsi yang dialami siswa disebabkan oleh : (1). adanya pemikiran assosiatif yang dimana siswa menggassosiasikan atau mengelompokan suatu konsep selalu sama dengan konsep yang lain, (2). adanya intuisi yang salah ketika melakukan perencanaan pemecahan masalah, (3). adanya prakonsepsi siswa yang tidak sesuai dengan pengoperasian bilangan dalam rumus pythagoras. |