JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Di Kelas VII Sunan Bonang SMP Alkhairaat 1 Palu |
Nama: Rezky Ramadhana A.f |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Rezky Ramadhana Abdul Fattah. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Aritmatika Sosial di kelas VII Sunan Bonang SMP Alkhairaat 1 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Sutji Rochaminah Pembimbing (II) Gandung Sugita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsipenerapan model pembelajarankooperatiftipeCourse Review Horaydalamupayameningkatkanhasilbelajarsiswa pada materi Aritmatika Sosial di kelas VII Sunan Bonang SMP Alkairaat 1 Palu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian ini mengacu pada Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Aritmatika Sosial di kelas VII Sunan Bonang SMP Alkhairaat 1 Palu melalui tahap-tahap sebagai berikut: Course, (1) Menyajikan informasi tentang model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (2) Menyajikan informasi tentang materi Aritmatika Sosial dengan memberikan contoh masalah dan mengarahkan siswa untuk mengamati informasi yang termuat dari masalah tersebut (3) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami (4) Mengelompokkan siswa menjadi 5 kelompok yang beranggotakan 4 orang secara heterogen berdasarkan hasil tes awal (5) Membagikan kertas petak dan membagikan LKPD terdiri atas 4 soal untuk dikerjakan bersama anggota kelompok (6) Memberikan bimbingan seperlunya kepada siswa yang mengalami kesulitan.Review,(1) Meninjau kembali secara keseluruhan pekerjaan siswa dengan meminta masing-masing perwakilan kelompok untuk mempresentasikan di depan kelas (2) Memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi atau bertanya (3) Mengecek jawaban masing-masing kelompok yang mempresentasikan di depan kelas. Horay,(1) Memberikan reward kepada kelompok yang jawabannya benar yaitu berupa stiker bintang berwarnah merah serta Horay terbanyak dan jawaban salah berupa stiker bintang berwarnah hitam (2) Mengumpulkan LKPD dan lembar petak Horay masing-masing kelompok untuk dihitung skor tiap-tiap kelompok (3) Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memperoleh paling banyak stiker bintang berwarna merah. Hasil tes akhir tindakan siklus I sebesar 60?n hasil tes akhir tindakan siklus II sebesar 80%. Kata Kunci: Kooperatif, Course, Review,Horay; Hasil Belajar; Aritmatika Sosial |