JudulPenerapan Model Pembelajaran Perseorangan Dan Kelompok Kecil (PPKK) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 20 Palu Pada Materi Hubungan Antar Sudut |
Nama: Eviyana |
Tahun: 2019 |
Abstrak Eviyana. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Perseorangan dan Kelompok Kecil (PPKK) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 20 Palu pada Materi Hubungan Antar Sudut. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Prof. Dr. Maxinus Jaeng, M.Pd (II) Dr. Usman H.B., M.Pd Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model PPKK untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIB SMP Negeri 20 Palu pada materi hubungan antar sudut. Pada model PPKK ada aktivitas perseorangan dan aktivitas kelompok yang dilaksanakan dalam satu pertemuan. Model PPKK dilaksanakan dalam 5 fase. Penelitian ini dilakukandalam dua siklus, setiap siklusnya melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil observasi aktivitas guru siklus I yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I yaitu 61,90?n mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 85,71%. Dari hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan penerapan model PPKK dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIB SMP Negeri 20 Palu pada materi hubungan antar sudut. Kata kunci: Model PPKK, Prestasi belajar, hubungan antar sudut. |