JudulPenerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 7 Palu Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Limas |
Nama: MARIYANINGSIH |
Tahun: 2019 |
Abstrak Mariyaningsih. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 7 Palu Pada Materi Luas Permukaan dan Volume Limas. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Muh. Hasbi Pembimbing (II) Anggraini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Palu pada materi luas permukaan dan volume limas. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini sebanyak 3 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Materi siklus I yaitu luas permukaan limas, siklus II yaitu volume limas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Palu pada materi luas permukaan dan volume limas, dengan enam tahap sebagai berikut: 1) stimulasi, yaitu siswa diberikan rangsangan berupa masalah yang ada pada LKS bagian A untuk menemukan luas permukaan dan volume limas; 2) identifikasi masalah, yaitu siswa mengidentifikasi masalah yang disajikan pada LKS kegiatan 1 bagian A; 3) pengumpulan data, yaitu siswa mengiris alat peraga berupa model limas yang disediakan sehingga membentuk jaring-jaring limas dan kemudian menggambar jaring-jaring limas tersebut untuk menemukan luas permukaan limas pada siklus I, serta pada siklus II siswa melakukan percobaan menemukan rumus volume limas dengan mengisi beras pada limas kemudian menuangkannya pada prisma sampai prisma terisi penuh kemudian menggambar model prisma dan limas pada bidang yang telah disediakan untuk menemukan volume limas dengan bantuan volume prisma; 4) pengolahan data, yaitu setiap kelompok menggunakan data yang telah diperoleh pada tahap pengumpulan data untuk menemukan dan menyelesaikan luas permukaan dan volume limas pada LKS kegiatan 1 bagian B dan kegiatan 2; 5) verifikasi, yaitu setiap kelompok yang telah mengerjakan LKS, mengerjakan tugas tambahan yang berbeda jenisnya dengan limas yang ada pada saat mengerjakan LKS kemudian menukarkan hasil pekerjaannya dengan kelompok tukarnya untuk membuktikan kebenaran rumus luas permukaan dan volume limas serta kebenaran dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume limas; 6) generalisasi, yaitu siswa menyimpulkan tentang langkah-langkah menemukan dan menyelesaikan luas permukaan dan volume limas serta rumus luas permukaan dan volume limas. Kata kunci: model pembelajaran penemuan terbimbing; kemampuan menemukan dan menyelesaikan luas permukaan dan volume limas |