Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkqn Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Himpunan Fi Kelas VII MTs Nurul Falah Palu
Nama: ERWINA
Tahun: 2020
Abstrak
Erwina. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Himpunan Di Kelas VII MTs Nurul Falah Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Marinus Barra Tandiayuk, (II) Sutji Rochaminah. Tujuan utama penelitan ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi himpunan di kelas VII MTs Nurul Falah Palu. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan rancangan penelitiannya mengacu pada model penelitian yang dikembangkan oleh Arikunto.dkk, dengan tahapannya yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan mengikuti langkah-langkah (1) persiapan, (2) kegiatan kelompok, (3) game, (4) turnamen akademik, dan (5) penghargaan kelompok. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan tes akhir tindakan, diproleh persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I adalah 36,8?n pada siklus II sebesar 83,3%, sedangkan hasil observasi guru dan siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi operasi himpunan di kelas VII MTs Nurul Falah Palu. Kata kunci: Team Games Tournament , hasil belajar, operasi himpunan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up