JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI MIA 3 MAN 1 PALU |
Nama: DEWI FITRIA FEBRIANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Dewi Fitria Febriani, 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Materi Turunan Fungsi Aljabar Di Kelas XI MIA 3 MAN 1 Palu, Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dasa Ismaimuza, (II) Muh. Hasbi Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI MIA 3 MAN 1 Palu. Rancangan penelitian mengacu pada model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari empat komponen yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi, hasil wawancara dan hasil catatan lapangan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: (1) menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, (2) menyajikan informasi, (3) mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar, (4) membimbing kelompok bekerja dan belajar, (5) evaluasi dan (6) memberikan penghargaan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 3 MAN 1 Palu yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes akhir siklus I terdapat 9 siswa yang tuntas dan 12 siswa tidak tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 42,9%, sedangkan pada siklus II terdapat 17 siswa yang tuntas dan 5 siswa yang tidak tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 77,3%. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus II dalam mengikuti pembelajaran berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas XI MIA 3 MAN 1 Palu pada materi turunan fungsi aljabar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, hasil belajar, turunan fungsi aljabar. |