Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII MTs SYEKH LOKIYA TOWALE PADA MATERI LUAS PERMUKAAN KUBUS DAN BALOK
Nama: NURUL RIANA
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Nurul Riana. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Syekh Lokiya Towale Pada Materi luas permukaan kubus dan balok. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Nur Hayadi. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Luas Permukaan Kubus dan Balok. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan dan observasi; dan (3) refleksi.. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Syekh Lokiya Towale pada materi Luas Permukaan Kubus dan Balok mengikuti langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu: 1) Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa;2) Menyajikan/menyampaikan materi;3) Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok kooperatif;4) Membimbing kelompok bekerja dan belajar;5) Evaluasi; dan 6) Memberikan penghargaan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Syekh Lokiya Towale yang berjumlah 14 orang siswa dan dipilih tiga orang siswa sebagai informan. Penelitian ini di laksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes akhir siklus I terdapat 6 siswa yang tuntas dan 7 siswa tidak tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 46,15% sedangkan pada siklus II terdapat 9 siswa yang tuntas dan 3 siswa yang tidak tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 75%. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus II dalam mengikuti pembelajaran berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD Untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII MTs Syekh Lokiya Towale pada materi luas permukaan kubus dan balok. Kata kunci: Kooperatif Tipe STAD; Hasil Belajar; Luas Permukaan Kubus dan Balok

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up