JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP SWADAYA PALU |
Nama: HANIFATUL MAR'AH |
Tahun: 2020 |
Abstrak Hanifatul Mar’ah. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Permukaan serta Volume Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Swadaya Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Prof. Dr. Maxinus Jaeng, M.Pd (II) Dra. Linawati, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Permukaan serta Volume Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Swadaya Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapannya yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 20 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil tes akhir tindakan, diperoleh presentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I adalah 33,33?n presentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus II adalah 73,68%. Sedangkan, hasil observasi guru dan siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Permukaan serta Volume Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Swadaya Palu, dengan fase model TPS yaitu: (1) think, (2) pair, dan (3) share. Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), Hasil belajar, Luas Permukaan, Volume, Kubus, Balok. |