JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBAGIAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VII A SMP NEGERI 13 PALU |
Nama: I MADE DIRGAYUSA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK I Made Dirgayusa. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pembagian Bentuk Aljabar di Kelas VII A SMP Negeri 13 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Sudarman Bennu, (II) Abd Hamid. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII A SMP Negeri 13 Palu pada materi pembagian bentuk aljabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan mengikuti fase-fase, yaitu: (1) menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, (2) menyajikan informasi, (3) mengorganisir siswa kedalam tim-tim belajar, (4) membentu kerja tim dan belajar, (5) mengevaluasi, (6) memberikan pengakuan atau penghargaan. Hasil tes akhir tindakan siklus I menunjukan bahwa 13 siswa dari 20 siswa telah memenuhi tujuan pembelajaran yang diharapkan. Hasil tes akhir tindakan siklus II menunjukan bahwa 17 siswa dari 20 siswa telah memenuhi tujuan pembelajaran yang diharapkan. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Hasil Belajar, Pembagian Bentuk Aljabar |