JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN DI KELAS VIII B SMP NEGERI 13 PALU |
Nama: NADHILA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nadhila. 2019. Penerapan Model Quantum Teaching dengan pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 13 Palu pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Ilmu Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Evie Awuy, Pembimbing (II) Bakri Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kombinasi penerapan model quantum teaching dan pendekatan Scientific yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 13 Palu pada materi Keliling dan Luas Lingkaran. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model penelitian tindakan kelas oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I banyaknya siswa yang tuntas yakni 14 siswa dengan persentase ketuntasan 58,33 ?n pada siklus II banyak siswa yang tuntas yakni 19 siswa dengan persentase ketuntasan 76%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Subjek penelitian ini sebanyak 25 siswa dan dipilih tiga sebagai informan, Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan kombinasi model pembelajaran Quantum teaching dengan pendekatan Scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 13 Palu pada materi keliling dan luas lingkaran, dengan enam komponen yaitu: 1) Tumbuhkan, 2) alami, 3) namai, 4) demonstrasi, 5) ulangi, 6) rayakan. Kata kunci: model pembelajaran Quantum teaching dengan pendekatan scientific: Hasil belajar; keliling dan luas lingkaran. |