Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Di Kelas VIIA SMP Negeri 4 Sigi
Nama: IVON PRATIWI
Tahun: 2020
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi himpunan di kelas VIIA SMP Negeri 4 Sigi. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang mengacu pada desain Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas empat komponen yakni 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan dan 3) observasi serta 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan mengikuti langkah-langkah: 1) Menyajikan informasi, 2) mengorganisir siswa ke dalam kelompok belajar, 3) Memberikan LKPD dan membimbing kelompok belajar, 4) Dua anggota dari setiap kelompok berkunjung ke kelompok lain, 5) Anggota kelompok yang tinggal membagi informasi kepada tamu, 6) Dua anggota yang bertamu kembali ke kelompok masing-masing dan menyampaikan hasil kunjungannya, 7) Mencocokkan dan membahas hasil kunjungan mereka, 8) Presentasi kelompok, 9) Memberikan penghargaan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan tes akhir tindakan, ketuntasan belajar klasikal siswa megalami peningkatan dari siklus I sebesar 65% menjadi 83% pada siklus II. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi himpunan di kelas VIIA SMP Negeri 4 Sigi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up