Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII A SMP NEGERI 10 PALU
Nama: HAIRUNNISA
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Hairunnisa, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perbandingan di Kelas VII A SMP Negeri 10 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Marinnus Barra’tandiayuk dan Pembimbing (II) Nurhayadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh tentang deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan di kelas VII A SMP Negeri 10 Palu. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 10 Palu yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan di kelas VII A SMP Negeri 10 Palu dengan mengikuti fase-fase sebagai berikut: (1) Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, peneliti memberikan apersepsi, menyampaikan tujuan pembelajaran secara lisan, memotivasi siswa dan mempersiapkan siswa untuk belajar, (2) Menyajikan informasi, peneliti menjelaskan model pembelajaran yang diterapkan misalnya: aktivitas yang dilakukan pada setiap fase dan peralatan yang digunakan dalam model pembelajaran tersebut, (3) Mengorganisir siswa ke dalam tim-tim belajar, peneliti membentuk 5 kelompok belajar heterogen yang terdiri dari 5 siswa setiap kelompok kemudian membagikan LKPD, (4) Membantu kerja tim dan belajar, peneliti menjelaskan cara mengerjakan LKPD dan menegaskan siswa untuk saling bekerja sama dengan teman-teman kelompoknya kemudian peneliti membantu kelompok yang kesulitan, (5) Mengevaluasi, peneliti menjalankan tongkat secara estafet dengan bantuan instrumen musik dan memberikan pertanyaan kepada siswa pemegang tongkat saat musik diberhetikan. Setelah siswa pemegang tongkat selesai menjawab pertanyaan yang diberikan, siswa pemegang tongkat mempersentasikan hasil jawabannya. Kemudian, peneliti meminta tanggapan siswa lain terhadap jawaban siswa pemegang tongkat yang dituliskan di papan tulis dan peneliti bersama siswa membuat kesimpulan dan (6) Memberikan pengakuan atau penghargaaan, peneliti memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik berupa pujian dan hadiah yang sudah disiapkan. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Hasil Belajar, Perbandingan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up