JudulPERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 POSO KOTA UTARA |
Nama: MUH ICHSAN R HASAN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Muh. Ichsan R. Hasan. 2019. Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang Memperoleh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Tipe Teams Games Tournaments (TGT) di Kelas VII SMP Negeri 1 Poso Kota Utara. Hasil penelitian. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Baharuddin. P (II) Nurhayadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran kooperatif tipe TGT di kelas VII SMP Negeri 1 Poso Kota Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Poso Kota Utara sebanyak 178 orang dengan kemampuan yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII B dan VII D. hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa kemampuan pemcahan masalah matematis siswa kelas Model Pembelajaran STAD sebesar 42,71 dan kemampuan pemcahan masalah matematis siswa kelas Model Pembelajaran TGT sebesar 39,37 dengan nilai thitung sebesar 1, 798 dan tTabel 1,669 dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, STAD, TGT |