JudulPenerapan Metode Latihan Berstruktur Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Di SMP Negeri 12 Kota Palu |
Nama: Nikmawati |
Tahun: 2019 |
Abstrak Nikmawati, 2019. Penerapan Metode Latihan Berstruktur untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di SMP Negeri 12 Kota Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematikan dan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dasa Ismaimuza (II) Usman H. B. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang penerapan metode latihan berstruktur untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pertidaksamaan linear satu variabel di kelas VIIB SMP Negeri 12 kota palu. Pada metode latihan berstruktur ada aktivitas kelompok dan aktivitas perseorangan yang dilaksanakan dalam dua pertemuan. Metode latihan berstruktur dilaksanakan dalam 4 fase. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil observasi aktivitas guru siklus I dan siklus II memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I 63,64?n mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 77,27%. Dari hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan penerapan metode latihan berstruktur dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dengan mengikuti langkah-langkah yaitu (1) mempersiapkan pembelajaran, (2) penyajian pelaksanaan, (3) uji coba perilaku, (3) tindak lanjut. Kata kunci : Metode Latihan Berstruktur, Prestasi Belajar, Pertidaksamaan Linear Satu Variabel |