Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Pemecahan Masalah Pecahan Siswa Kelas VIII SMP Berdasarkan Langkah-Langkah Polya
Nama: YENI SETIANI
Tahun: 2022
Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh deskripsi pemecahan masalah pecahan siswa SMP Negeri 15 Palu yang berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah berdasarkan langkah-langkah Polya. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak tiga siswa, yaitu siswa berkemampuan matematika tinggi (AHDM), siswa berkemampuan matematika sedang (SA), dan siswa berkemampuan matematika rendah (NZW). Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pemecahan masalah persegi subjek AHDM, subjek SA, dan subjek NZW sebagai berikut: (1) Tahap memahami masalah, subjek AHDM dan SA memahami masalah yang diberikan dengan baik, subjek mampu menuliskan dan menyebutkan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada masalah yang diberikan dengan lengkap, sedangkan subjek NZW tidak memahami masalah yang diberikan, subjek hanya menyebutkan sebagian informasi yang ada pada masalah, (2) Tahap membuat rencana pemecahan masalah, subjek AHDM dan SA memiliki rencana dalam merencanakan pemecahan masalah, sedangkan subjek NZW tidak memiliki rencana dalam merencanakan pemecahan masalah, (3) Tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, subjek AHDM dan SA melaksanakan rencana sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya, namun subjek SA melakukan kesalahan dalam menggunakan operasi hitung pecahan, sedangkan subjek NZW tidak melaksanakan rencana pemecahan masalah, (4) Tahap memeriksa kembali subjek AHDM, SA dan NZW tidak melakukan pemeriksaan kembali pemecahan masalah. Kata kunci: Profil, Pemecahan Masalah, Pecahan, Polya.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up