JudulPenerapan Pendekatan Matematika Realistik Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Di Kelas VIIA MTs Negeri 1 Donggala. |
Nama: SRI WAHYUNI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Sri Wahyuni. 2019. Penerapan pendekatan matematika realistik pada model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi VIIA MTs Negeri 1 Donggala. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Ilmu Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Gandung Sugita (II) Muh Rizal. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang Penerapan Pendekatan matematika realistik pada model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi VIIA MTs Negeri 1 Donggala. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan desainnya menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, dengan tahapannya yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek seluruh siswa kelas VIIA yang berjumlah 28 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil tes akhir tindakan, diperoleh persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I adalah 55.55?n persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus II adalah 73,07%, sedangkan hasil observasi guru dan siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan di kelas VIIA MTs Negeri 1 Donggala, dengan mengikuti tahapan (1) fase menyampaikan tujuan dan memotivasi, (2) fase menyajikan atau menyampaikan informasi memuat komponen memahami masalah kontekstual (3) fase mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar, (4) fase membimbing kelompok bekerja dan belajar memuat komponen menyelesaikan masalah kontekstual, (5) fase evaluasi memuat komponen membandingkan dan mendiskusikan jawaban, dan (6) memberi penghargaan memuat komponen menyimpulkan. Kata kunci : Matematika Realistik, Kooperatif Tipe STAD, Hasil belajar, Perbandingan, Senilai, Betbalik Nilai. |