Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Ujian Akhir Sekolah Matematika Semester Genap Siswa Kelas VIIA Tahun Pelajaran 2017/2018 Di MTs Negeri 1 Donggala
Nama: SITI RAHMI DASWAN TUNGGENG
Tahun: 2019
Abstrak
Siti Rahmi Daswan Tunggeng. 2019. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Ujian Akhir Sekolah Matematika Semester Genap Siswa Kelas VIIA Tahun Pelajaran 2017/2018 di MTs Negeri 1 Donggala, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Maxinus Jaeng dan (2) Bakri M. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi kesalahan yang dilakukan siswa dan faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal UAS matematika semester genap tahun pelajaran 2017/2018 di kelas VIIA MTs Negeri 1 Donggala. Peneliti melakukan penelitian deskriptif dengan melakukan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi dan wawancara. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Segiempat dan Segitiga merupakan materi yang paling sulit diselesaikan oleh peserta UAS matematika semester genap tahun pelajaran 2017/2018 di kelas VIIA MTs Negeri 1 Donggala, (2) Terdapat 11 Jenis kesalahan siswa yang ditemukan dalam menyelesaikan soal UAS matematika yaitu kesalahan konsep, prosedur, interpretasi bahasa, penarikan kesimpulan, prosedur dan konsep, prosedur dan berhitung, prosedur dan penarikan kesimpulan, berhitung dan konsep, prosedur dan berhitung serta konsep, konsep dan prosedur serta penarikan kesimpulan, prosedur dan konsep serta interpretasi bahasa. Namun, kesalahan Prosedur dan Konsep merupakan kesalahan yang paling banyak dilakukan, dan (3) Penyebab kesalahan yang dilakukan oleh peserta UAS yaitu tidak menguasai konsep perbandingan senilai, berbalik nilai dan perbandingan pada skala, tidak terbiasa menuliskan langkah-langkah pengerjaan, tidak tahu konsep pembagian pada bilangan bulat ,tidak tahu menggunakan tangga satuan berat atau konversi satuan, salah memahami maksud soal, salah dalam melakukan penjumlahan pada pecahan, kurangnya pengetahuan dasar, tidak tahu menentukan selisih jarak tempuh pada peta, tidak tahu rumus harga jual dan rumus menentukan besar suku bunga, melakukan penyimpulan pernyataan tanpa didasari alasan yang logis dan menuliskan jawaban akhir tanpa alasan pendukung, kurangnya pemahaman subjek terhadap materi hubungan antar sudut dan hubungan sudut-sudut pada dua garis sejajar, tidak mementingkan langkah-langkah pengerjaan, tidak tahu membuat persamaan dalam suatu variabel terhadap dua buah sudut yang membentuk sudut siku-siku, salah menghitung nilai variabel dan menentukan besar kedua sudut, tidak tahu rumus mencari keliling pada bidang datar, kurang teliti dan terampil dalam menghitung, tidak terbiasa menuliskan tanda satuan cm dan cm2, tidak tahu rumus diagram lingkaran dalam bentuk persen karena kurangnya pengetahuan subjek tentang materi penyajian data atau statistika. Kata Kunci: Analisis Kesalahan Siswa, Ujian Akhir Sekolah Matematika, dan MTs Negeri 1 Donggala

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up