Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gradien Garis Di Kelas VIII A SMP Negeri 12 Palu
Nama: Nidia
Tahun: 2019
Abstrak
Nidia, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gradien Garis di Kelas VIII A SMPN 12 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Baharuddin, Pembimbing (II) Abd. Hamid. Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk memperoleh deskripsi model pembelajaran kooperatif tipe talking Stick yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gradien garis di kelas VIII A SMPN 12 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen, (1) perancangan, (2) tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan dan tes. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengikuti fase-fase yaitu: (1) menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa untuk belajar, (2) menyajikan informasi tentang materi gradien garis yang akan dipelajari dan menyampaikan kegunaan tongkat, (3) mengorganisir siswa kedalam 6 kelompok belajar dan membagikan LKPD, (4) membantu kerja tim dan belajar, (5) mengevaluasi dengan cara menjalankan tongka secara estafet diirngi dengan musik, siswa yang mendapatkan tongkat terakhir ketika musik berhenti siswa tersebut yang akan menjawab soal yang telah disedikan oleh guru, (6) memberikan pengakuan atau penghargaan. Hasil penelitian: (1) presentase ketuntasan belajar klasikal tes akhir tindakan pada siklus I mencapai 46,15?n pada siklus II mencapai 80,76%, (2) hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 85 dengan kriteria sangat baik dan pada siklus II mencapai 92 dengan kriteria sangat baik, (3) hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai 76 dengan kriteria baik dan pada siklus II mencapai 92 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gradien garis di kelas VIII A SMPN 12 Palu. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Talking Stick, Hasil Belajar, Gradien Garis.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up