JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 20 PALU PADA MATERI HIMPUNAN |
Nama: MAYA SOFIANA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Maya Sofiana, 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Palu Pada Materi Himpunan, Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I Nyoman Murdiana Tujuan penelitian ini adalah untuk deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 20 Palu pada materi himpunan. Rancangan penelitian mengacu pada model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari empat komponen yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi, hasil wawancara dan hasil catatan lapangan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: (1) menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, (2) menyajikan informasi, (3) mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar, (4) membimbing kelompok bekerja dan belajar, (5) evaluasi dan (6) memberikan penghargaan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIA SMP Negeri 20 Palu yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes akhir siklus I terdapat 17 siswa yang tuntas dan 9 siswa tidak tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 65%, sedangkan pada siklus II terdapat 24 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang tidak tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 85%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus II dalam mengelolah pembelajaran berada pada kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus II dalam mengikuti pembelajaran berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 20 Palu pada materi himpunan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Hasil Belajar, Himpunan. |