JudulProfil Berpikir Statistik Siswa Kelas IX SMP Negeri 12 Palu Dalam Menyelesaikan Soal Ukuran Pemusatan Data |
Nama: AIDIL FIKRI S. HI. YAHYA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Aidilfikri S. Hi. Yahya. 2021. Profil Berpikir Statistik Siswa Kelas IX SMP Negeri 12 Palu dalam Menyelesaikan Soal Ukuran Pemusatan Data. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Bakri Mallo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir statistik siswa kelas IX SMP Negeri 12 Palu dalam menyelesaikan soal ukuran pemusatan data. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan hasil ulangan harian matematika semester ganjil. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak tiga siswa yang diambil dari 31 siswa yaitu satu siswa berkemampuan matematika tinggi, satu siswa berkemampuan sedang, dan satu siswa berkemampuan rendah. Hasil analisis data dalam penelitian ini adalah (1) Subjek berkemampuan matematika tinggi (ST) dalam menyelesaikan soal ukuran pemusatan data yaitu a) subjek mengurutkan data dari data terkecil sampai data terbesar dan dalam mengurutkan data subjek tersebut hanya menuliskan satu kali data yang sama tersebut dalam urutan data, b) subjek dalam menjumlahkan data menjumlahkan semua data yang ada disoal sehingga mendapatkan jawabannya, c) subjek dalam menentukan banyaknya data menghitung jumlah data pada soal, d) subjek dalam menentukan beberapa nilai rata-rata, e) subjek menentukan median dengan cara melihat angka terbesar kemudian dibagi dua kemudian mengambil angka diatasnya yang terdekat, f) subjek dalam menentukan nilai modus dengan cara melihat angka tertinggi pada data tersebut. (2) Subjek berkemampuan matematika sedang (SS) dalam menyelesaikan soal ukuran pemusatan data yaitu a) subjek mengurutkan data dari data terkecil sampai data terbesar dan dalam mengurutkan data subjek tersebut hanya menuliskan satu kali data yang sama tersebut dalam urutan data, b) subjek dalam menjumlahkan data menjumlahkan semua data yang ada disoal sehingga mendapatkan jawabannya, c) subjek dalam menentukan banyaknya data menghitung jumlah data pada soal, d) subjek menentukan nilai rata-rata dengan angka tertinggi e) menurut subjek nilai median lebih dari satu sehingga subjek menulis beberapa nilai median, f) subjek tidak mengetahui apa itu modus dan asal menjawab saja. (3) Subjek berkemampuan rendah (SR) dalam menyelesaikan soal ukuran pemusatan data yaitu a) subjek mengurutkan data dari data terkecil sampai data terbesar dan dalam mengurutkan data subjek tersebut menuliskan data yang sama tersebut dalam urutan data, b) subjek dalam menjumlahkan data menjumlahkan semua data yang ada disoal sehingga mendapatkan jawabannya, c) subjek dalam menentukan banyaknya data menghitung jumlah data pada soal, d) menurut subjek rata-rata adalah nilai tertinggi, e) subjek menentukan median dengan cara melihat angka terbesar kemudian dibagi dua kemudian mengambil angka diatasnya yang terdekat, f) subjek menuliskan beberapa angka yang dianggap sebagai nilai modus. Kata Kunci: Profil Berpikir Statistik, Ukuran Pemusatan Data, Kemampuan Matematika. |