Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A SMP SATAP NEGERI 19 SIGI PADA MATERI OPERASI HIMPUNAN
Nama: LIAN SAFITRI
Tahun: 2021
Abstrak
Lian Safitri. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Himpunan. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Ilmu Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nurhayadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A SMP SATAP Negeri 19 Sigi pada materi Operasi Himpunan. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP SATAP Negeri 19 Sigi yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 20 siswa dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil tes akhir tindakan diperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I adalah 60 %, dan presentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus II adalah 85%. Untuk hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus satu berada pada kategori baik dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi himpunan dengan mengikuti tahapan model quantum teaching sebagai berikut: (1) tumbuhkan, (2) alami, (3) namai, (4) demonstrasi, (5) ulangi, (6) rayakan. Pada langkah 1 peneliti memberikan motivasi kepada siswa; pada langkah 2 siswa melakukan proses mengalami dalam menemukan konsep materi melalui diskusi kelompok; pada langkah 3 peneliti bersama siswa memberikan nama pada konsep yang telah ditemukan pada fase alami dan peneliti menjelaskan konsep tersebut; pada langkah 4 peneliti memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyajikan hasil kerja kelompok di papan tulis; pada langkah 5 siswa memberikan kesimpulan tentang konsep Operasi Himpunan yang telah diperoleh saat pembelajaran; dan pada langkah 6 peneliti memberikan penghargaan berupa hadiah kepada setiap kelompok. Kata kunci: Quantum teaching, hasil belajar Operasi Himpunan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up