JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmetika Di Kelas XI A SMK Muhammadiyah Sigi |
Nama: CINDY MELIA SARI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Cindy Melia Sari, 2020. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan Video untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Barisan dan Deret Aritmetika di kelas XI A SMK Muhammadiyah Sigi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Pathuddin (II) Bakri M. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament berbantuan video dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret aritmetika di kelas XI A SMK Muhammadiyah Sigi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc.Taggart yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI A SMK Muhammadiyah Sigi yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 20 siswa dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil tes akhir tindakan, diperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I adalah 60%, dan presentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus II adalah 85%. Untuk hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret aritmetika dengan mengikuti tahapan, (1) Penyampaian kelas : memberikan penjelasan kepada siswa terhadap materi barisan dan deret aritmetika dengan bantuan video (2) Teams : peneliti membentuk kelompok belajar terdiri dari empat siswa dalam satu kelompok dalam menganalisis LKPD, (3) Games : mengarahkan siswa untuk bermain sesama tim lawan, (4) Tournament : mengarahkan siswa untuk bertanding dalam meja games tournament untuk menjawab amplop soal sesuai waktu yang ditetapkan, 5) Rekognisi team: siswa diminta untuk membuat rumusan kesimpulan dalam kegiatan pembelajaran serta memberikan reward/penghargaan pada kelompok yang menjadi pemenang. Kata kunci : kooperatif; team games tournament; hasil belajar; barisan; deret; aritmetika. |