Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN LANGKAH POLYA DALAM MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL UNTUNG DAN RUGI DI KELAS VII KARTINI SMP NEGERI 4 PALU
Nama: MIFTA HULJANNA S. DJAELANGKARA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Mifta Huljanna S. Djaelangkara. 2020. PenerapanLangkah Polya dalam Model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Untung Dan Rugi di Kelas VII Kartini SMP Negeri 4 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Baharuddin Paloloang, (II) Muh.Rizal Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan langkah Polya dalam model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) dengan upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi untung dan rugi di kelas VII Kartini SMP Negeri 4 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapannya yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII Kartini yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan baik dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan baik dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan langkah Polya dalam model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi untung dan rugi di kelas VII Kartini SMP Negeri 4 Palu, dengan fase model PISK yaitu: (1) pengantar, (2) aktivitas atau pemecahan masalah, (3) presentasi dan diskusi (4) penutup dan (5) penilaian. Pada fase aktivitas atau pemecahan masalah diterapkan empat langkah pemecahan masalah menurut Polya, yaitu: 1.memahami masalah; 2.membuat perencanaan; 3.melaksanakan perencanaan; dan 4. memeriksa kembali. Kata Kunci : Langkah Polya, PISK, Hasil Belajar, Untung dan Rugi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up