Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI NILAI MUTLAK DI KELAS X MIA 4 MAN 2 KOTA PALU
Nama: SARI NURAPRIYATI
Tahun: 2023
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi nilai mutlak. Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi, hasil wawancara dan hasil catatan lapangan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan mengikuti fase-fase sebagai berikut: (1) fase menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, (2) fase menyajikan informasi, (3) fase mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok kooperatif, (4) fase think, (5) fase pair, (6) fase share, (7) fase memberikan Penghargaan. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas X MIA 4 MAN 2 Kota Palu. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I banyaknya siswa yang tuntas yakni 15 siswa dengan persentase 62,5?n pada siklus II banyak siswa yang tuntas yakni 20 siswa dengan persentase ketuntasan 83,3%. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa meningkat pada siklus II yakni pembelajaran berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas X MIA 4 MAN 2 Kota Palu pada materi nilai mutlak melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ; TPS; Hasil Belajar; Nilai Mutlak.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up