JudulPenerapan Pendekatan CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai Di Kelas VIIA SMP Negeri 13 Sigi. |
Nama: Afriani Maso |
Tahun: 2019 |
Abstrak Afriani Maso. 2019. Penerapan pendekatan CTL untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai di kelas VIIA SMP Negeri 13 sigi. Skripsi. Program studi pendidikan matematika. Jurusan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Universitas tadulako. Pembimbing (I) Drs. Ibnu Hadjar, M.Si (II) Dra. Linawati, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perbandingan Senilai dan Perbandingan Berbalik Nilai di Kelas VIIA SMP Negeri 13 Sigi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan desainnya menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, dengan tahapannya yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjeknya adalah seluruh siswa kelas VIIA yang berjumlah 27 orang siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas guru siklus I dan siklus II memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Negeri 13 Sigi pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai, dengan memuat tujuh komponen yaitu: 1) kontruktivisme, 2) bertanya, 3) menemukan, 4) masyarakat belajar, 5) pemodelan, 6) refleksi dan 7) penilaian autentik. Kata kunci: pendekatan CTL, hasil belajar, perbandingan senilai dan berbalik nilai |