JudulPENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HUBUNGAN ANTAR SUDUT KELAS VIIA SMP NEGERI 2 PARIGI |
Nama: MUFIDA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Mufida, 2019. Penerapan Pendekatan Saintifik intuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Hubungan antar Sudut Kelas VIIA SMP Negeri 2 Parigi, Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Marinus Barra Tandiayuk (II) I Nyoman Murdiana. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi hubungan antar sudut kelas VIIA SMP Negeri 2 Parigi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, tindakan, observasi serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 2 Parigi yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Subyek penelitian ini sebanyak 26 orang dan dipilih 3 orang sebagai informan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I banyaknya peserta didik yang tuntas yakni 17 orang peserta didik dengan presentase ketuntasan adalah 65?n pada siklus II benyak peserta didik yang tuntas yakni 20 orang peserta didik dengan presentase ketuntasan 76%. Hasil observasi guru dan peserta didik pada siklus I berda pada ketegori baik sedangkan pada siklus II mengelami peningkatan yaitu pada kategori sangat baik. Skripsi menunjukkan bahwa dengan penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi hubungan antar sudut kelas VII A SMP Negeri 2 Parigi, dengan 5 langkah yang ada pada pendekatan saintifik : 1) Mengamati, pada tahap ini peserta didik mengamati alat peraga atau media, atau fakta-fakta yang diberikan pada LKPD, 2) menanya, pada tahap ini peserta didik mengajukan pertanyaan kepada guru apabila terdapat kesulitan dalam mengerjakan LKPD, 3) menalar, pada tahap ini peserta didik mengumpulkan berbagai informasi untuk memperoleh sebuah kesimpulan, 4) mencoba, pada tahap ini peserta didik mengerjakan soal yang ada di LKPD sebagai bahan latihan peserta didik yang dikerjakan berkelompok, 5) mengkomunikasikan, pada tahap ini peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok mereka ke depan kelas. Kata kunci : pendekatan saintifik, hasil belajar, hubungan antar sudut |