Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) Dengan Langkah Polya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menentukan Bunga Tunggal Di Kelas VII A SMP Negeri 10 Palu
Nama: Ratmina
Tahun: 2019
Abstrak
Ratmina. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) dengan langkah Polya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menentukan bunga tunggal dikelas VII A SMP Negeri 10 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr. M.Nur, M.Si (II) Drs. Gandung Sugita, M.Si Tujuan penelitian ini adalah untuk memberi deskripsi tentang penerapan model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) dengan langkah Polya dengan upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menentukan bunga tunggal di kelas VII A SMP Negeri 10 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapannya yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII A yang berjumlah 26 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan baik dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan baik dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) dengan Langkah Polya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menentukan bunga tunggal di kelas VII A SMP Negeri 10 Palu, dengan fase model PISK yaitu: (1) pengantar, (2) aktivitas atau pemecahan masalahan, (3) presentasi dan diskusi (4) penutup dan (5) penilaian. Pada fase aktivitas atau pemecahan masalahan diterapkan empat langkah pemecahan masalah menurut Polya, yaitu: 1.memahami masalah; 2.membuat perencanaan; 3.melaksanakan perencanaan; dan 4. memeriksa kembali. Kata Kunci:PISK, Langkah Polya, Hasil Belajar, Bunga Tunggal

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up