Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENEMUKAN RUMUS LUAS PERMUKAAN PRISMA KELAS VIII D SMPN 18 PALU.
Nama: NUNUNG WILDAYANI
Tahun: 2021
Abstrak
Nunung Wildayani, 2019. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasi Belajar Siswa dalam Menemukan Rumus Luas Permukaan Prisma di Kelas VIII D SMP Negeri 18 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusun Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. (Pembimbing I) Marinus Barra’tandiayuk, (Pembimbing II)Anggraini. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan tentang aktivitas pelaksanaan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasi Belajar Siswa dalam Menemukan Rumus Luas Permukaan Prisma di Kelas VIII D SMP Negeri 18 Palu yang berlangsung dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menemukan Rumus Luas Permukaan Prisma di Kelas VIII D SMP Negeri 18 Palu melalui 6 Fase yaitu: (1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, (2) menyampaikan informasi, (3) mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar, (4) membimbing kelompok bekerja dan belajar, (5) evaluasi dan (6) memberi penghargaan. Berdasarkan analisis hasil tes akhir tindakan pada proses pembelajaran siklus I dan II diperoleh ketuntasan Klasikal yang dicapai pada siklus I sebesar 65%. sedangkan pada siklus II sebesar 80,96%. Kata kunci: Penemuan terbimbing, STAD, hasi belajar, luas, permukaan, prisma

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up